Wednesday, May 13, 2015

Mari menanam bunga terindah di sekitar kita

Umurnya sudah 50 tahun. Bekerja sebagai OB.
Dengan gajinya yang pas-pasan, untuk bertahan hidup di ibu kota iya harus sangat berhemat.

Tubuhnya kelihatan lebih tua dari umurnya, jalannyapun terlihat berat.
Anaknya  hanya 1 orang laki-laki yang sebentar lagi akan tamat SMA. Anaknya mau kuliah teknik tapi biayanya mahal, 50 ribu rupee (Rp. 10 juta). Jelas sang ayah yang berpenghasilan kecil tidak mampu. Ada saran agar anaknya tetap kuliah masuk uiversitas terbuka aja. O iya ya bisa sambil kerja kata bapak tua itu.

Anak satu-satunya itu memang diharapkan bisa membantunya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, tapi anaknya itu sakit-sakitan. Istrinya yang juga sudah tua juga sudah lama sakit. Tidak mampu melakukan pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci pakaian dan membersihkan rumah.

Sebelum pergi ke tempat kerja, sang bapak tua terlebih dulu memasak dan menyiapkan makanan untuk istri dan anaknya. Meracik obat yang harus diminum oleh istrinya. Setelah pulang kerja bapak tua itu membersikah rumahnya dan mencuci pakaian kotor.

Bulan depan ibunya yang selama ini tinggal dan dirawat di rumah kakaknya akan tinggal bersama dia. Katanya mulai bulan depan dia tidak bisa lagi melakukan pekerjaan tambahan seperti mencuci piring dan membersihkan rumah orang karena harus segera pulang setelah jam kerja selesai. Jadi tidak ada lagi uang tambahan buat biaya pengobatan istrinya dan biaya pendidikan anaknya.

Di rumah ia harus menjaga ibunya yang sudah tua renta dan sakit dan jika ibunya ingin buang hajat iya harus mengangkatnya ke kamar mandi karena ibunya sudah tidak bisa jalan.

Di sekitar kita banyak sekali lahan subur yang bisa kita tanami bunga yang indah. Kita yang punya bibit-bibit bunga indah tidak kesulitan untuk mencari lahan. Bibit yang kita tanam dilahan yang subur di sekitar kita tersebut nantinya akan lebih indah dari bunga yang ada yang bisa kita lihat dengan mata. Bunga yang kita tanam akan menghasilan senyuman termanis.

Mari menanam :-)



No comments: